Kapan dan Mengapa Kita Butuh Konsultan?

“Menyewa konsultan bisnis terpercaya itu mahal, kalau Anda belum pernah merasakan kecewanya mempekerjakan konsultan bisnis yang ecek-ecek.”

Ada saat ketika Anda dan bisnis Anda akan menghadapi kebutuhan untuk konsultasi dan bantuan dari luar. Mungkin informasi pasar yang Anda butuhkan, atau saran, keterampilan, strategi dan teknik yang tidak ada di organisasi Anda. Konsultan dapat memberikan solusi untuk sejumlah besar masalah bisnis. Berbagai jenis konsultan membawa ide yang berbeda ke meja, tetapi Anda perlu tahu kapan dan mengapa kita harus menggunakannya.

Secara umum, seorang konsultan bisnis bekerja bersama Anda dalam hal strategi, perencanaan, dan penyelesaian masalah. Mereka mungkin membantu Anda mengembangkan keterampilan bisnis dan menumbuhkan pengetahuan. Anda mungkin perlu mempelajari cara mendesain model bisnis, membuat rencana pemasaran atau menentukan teknik pemasaran yang perlu Anda gunakan dan cara menggunakannya.

Konsultan hadir dalam berbagai bentuk. Banyak orang yang akrab dengan pemain besar seperti PWC, (PricewaterhouseCoopers), Deloitte, Ernst & Young atau KPMG, tetapi ada begitu banyak perusahaan konsultan lainnya serta konsultan individu.

Konsultan bisnis dengan keahlian dan rekam jejak yang berhasil biasanya mengenakan biaya IDR 300 Jutaan per proyek, dengan beberapa perusahaan mengenakan biaya hingga IDR 700 Jutaan atau lebih per proyek.

Konsultan bisnis skala kecil dan menengah mungkin dapat memberikan harga yang lebih terjangkau. Namun, perlu dipertimbangkan faktor pengalaman dan keahliannya.

Konsultan terbagi dalam lima kategori:

1. Konsultan Strategi dan Manajemen
Perusahaan atau individu ini memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar spesifik dan mengetahui praktik terbaik industri Anda. Mereka dapat menawarkan bantuan dalam memperluas pasar, memperluas penawaran produk, membantu Anda mengatur kembali efisiensi dan penghematan biaya, meningkatkan kemampuan perusahaan atau membantu Anda melakukan pembelian peralatan besar atau bahkan membeli perusahaan lain.

2. Konsultan Operasional
Perusahaan atau individu ini fokus pada peningkatan kualitas dan efisiensi proses. Anda dapat mempekerjakannya ketika Anda ingin memetakan proses bisnis yang ada, menganalisisnya dan mendapatkan saran/masukan untuk meningkatkan kualitas, mengurangi faktor kesalahan atau meningkatkan efisiensi dan meningkatkan margin serta mengurangi biaya.

3. Konsultan IT
Bisa jadi area pertumbuhan terbesar dalam konsultasi saat ini adalah dunia IT. Dengan perubahan teknologi dan perkembangan dunia digital yang sangat cepat, sebagian besar perusahaan telah menyewa konsultan IT untuk membantu mengintegrasikan dan meningkatkan sistem komputer, telepon/pabx, meningkatkan server atau storage, dll.

4. Konsultan Sumber Daya Manusia
Konsultan SDM dapat membantu Anda untuk bekerja secara khusus pada kebutuhan karyawan. Anda dapat mempekerjakannya untuk merekrut kandidat yang bagus, meningkatkan retensi karyawan dan menentukan kompensasi agar selaras dengan tujuan perusahaan. Anda juga dapat menyewa konsultan SDM untuk pengembangan kepemimpinan dan pelatihan komunikasi.

5. Konsultan Penjualan & Pemasaran
Perusahaan di bidang ini dipekerjakan untuk membuat rencana pemasaran, mengembangkan merek/produk, meluncurkan kampanye iklan, membangun strategi media sosial, mendefinisikan proses dan peningkatan penjualan, atau merancang pelatihan dan pendampingan penjualan.

 

Picture

 

Kapan harus menyewa konsultan?

Menyewa konsultan berarti berkomitmen untuk investasi besar waktu dan uang.
Namun, jika Anda merekrut pada waktu yang tepat, investasi Anda dapat memberikan manfaat signifikan bagi pendapatan, reputasi, dan pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Karena itu, memahami kapan saat yang tepat untuk menyewa konsultan sangat penting. Pertimbangkan kebutuhan berikut sebagai indikasi bahwa tim Anda harus menyewa konsultan.

1. Kurangnya sumber daya internal
Ingin meluncurkan kampanye pemasaran Facebook tetapi tidak tahu caranya? Itu alasan yang baik untuk menyewa agensi atau konsultan untuk mengajarkan dan membantu Anda memulainya.

2. Ahli di bidangnya
Saat Anda perlu membuat keputusan besar yang akan memengaruhi masa depan perusahaan, seperti mengubah dari perusahaan kecil menjadi perusahaan besar, seorang konsultan keuangan dapat memberi Anda beberapa nasihat yang berharga.

Memiliki spesialis yang memahami bagaimana mengambil keputusan, seperti kapan waktunya mengundang investor atau meningkatkan kinerja proyek dapat menyelamatkan Anda dari alokasi uang dan waktu yang kurang tepat, dan dapat membantu Anda menghindari kegagalan.

3. Proses bisnis dan audit operasinal
Mengelola proses dan operasional bisnis yang efektif sangat penting untuk menjaga kesuksesan atau kegagalan perusahaan Anda.

Seringkali, pebisnis tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk secara kritis memeriksa operasional utama perusahaan dan membutuhkan pihak yang objektif untuk dapat memeriksa kesehatan dari proses bisnis mereka.

Sebagai contoh, terkait promosi penjualan: kapan terakhir kali Anda benar-benar membaca setiap kata dari apa yang terkandung dalam promosi tersebut? Apakah Anda tahu syarat dan ketentuan dari promosinya? Bahkan apakah Anda tahu promosi yang seperti apa itu?

Sering kali, bahkan orang-orang penjualan dan pemasaran yang terlibat dalam membuat dan mengirim promosi tersebut tidak memperhatikannya. Ini bukan karena mereka tidak kompeten atau kurang motivasi, itu karena mereka sudah sibuk dengan aktivitas pekerjaan mereka sepanjang hari. Sebaliknya, mereka mungkin kelelahan dan kekurangan waktu, sehingga tidak mampu untuk secara kritis memperhatikan proses yang menjadi tanggung jawab mereka.

Mempekerjakan konsultan dapat membantu mengoptimalkan dan mengembangkan proses bisnis Anda, konsultan dapat membuatkan serangkaian KPI yang objektif sehingga dapat membantu perusahaan Anda beroperasi lebih efisien.

Picture

Sebagai kesimpulan
Perusahaan dapat mempekerjakan konsultan ketika mereka kurang memiliki keahlian internal, membutuhkan pendapat kedua, atau perlu mengaudit atau merestrukturisasi infrastruktur bisnis dan operasional.
Anda dapat menghitung antara 0,7 – 1,0 % dari omset penjualan tahunan sebagai rule of thumb dalam mengalokasikan budget untuk menyewa perusahaan konsultan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *