Every customer is unique, listen to each of them
Masih teringat jelas, kejadian beberapa tahun silam. Team saya meminta didampingi untuk bertemu dengan pimpinan customer yang katanya sudah naik pitam karena ulah team project kami.
Kami segera berdiskusi untuk menggali akar masalah dan memutuskan beberapa alternatif sebagai amunisi saat bertemu customer. Berhubung kami ini engineering company, solusi2nya lebih banyak bersifat teknis.
Hari pengadilan tiba, kami duduk di kursi pesakitan dimana customer yang buas siap menerkam kami. Saya mempersilahkan customer mengungkapkan semua uneg2nya.
Anehnya.. Saya tidak menemukan hal teknis dalam concern sang pimpinan. Karena itu saya ubah haluan, ganti layar.. Kami sampaikan bahwa kami paham dan siap mendukung cita-cita sang pimpinan.
Akhir cerita, kami mendapatkan kembali kepercayaan sang pimpinan, malah pulang membawa tambahan order.
Setiap customer itu unik, punya motif atau kepentingan pribadi masing-masing.
Dengarkan mereka satu persatu, dukung dan bantu wujudkan cita-citanya.
Niscaya kamu dapatkan kepercayaan dan order darinya.
oleh: Arief Lestadi, CBHA, QWP
#indonesia
#salesmarketing
#salesstory
#ceritasales
#jakarta #bandung #surabaya