Tidak Ada Produk Yang Tidak Bisa Dijual ?

“Tidak ada produk yang tidak bisa dijual, hanya cara menjual nya saja yang salah”
Anda percaya sama kalimat itu?
Saya ENGGAK. Pernyataan tadi BULLSHIT dan delusional, menurut saya.
Bukannya saya menakut-nakuti atau membunuh semangat Anda yang sedang berkobar pengen “action-action-action.” Bukan nya saya mau Anda menunda-nunda untuk langsung ngebut bikin bisnis. Semangat boleh, tapi jangan gitu-gitu amat lah.

Saya sedang mengajak Anda semua untuk rasional. Bahaya lho, over-optimistic di awal. Terlalu optimis di awal, bisa membuat Anda cepat putus asa dan akhirnya MENYERAH di bulan-bulan pertama.
Faktanya, 90% orang yang saya kenal dan terlalu optimistis, dimana pikiran positifnya ini delusional tidak berdasarkan data, akan menggebu-gebu di awal buka bisnis, terus ujung-ujungnya setelah action 2 bulan dan target belum tercapai, akhirnya malah frustasi dan bilang “Saya mau ganti produk aja ah.” Waduduh, ngulang dari awal lagi dong kita..
Mungkin sebagian juga pernah mengalami yang saya alami. Kami pernah berbulan-bulan berusaha menjual sebuah produk, dan tidak laku. Kami pun pernah menjual produk yang cepat sekali laku nya, padahal baru di jual sebentar. Bahkan pernah dalam 24 jam pertama langsung laku ratusan unit produk dan tembus penjualan di atas Rp 1 Miliar.

Yang terakhir itu jarang sekali terjadi. Rejeki-rejekian. Mayoritas 99% produk, butuh 6 bulan – 1,5 tahun proses optimasi (action-evaluasi-perbaikan) sampai akhirnya ketemu formulanya, tembus keluar dari zona UMKM. Yang kayak-kayak gini malah biasanya tahan lama. Kokoh kuat pondasinya.
Jadi, suka ataupun tidak suka, potensi pasar setiap produk memang tidak sama. Kalau dapat produk yang paaas banget, Anda beruntung. Kalau dapat yang laku tapi belum laku-laku banget, tidak apa-apa. Kita poles terus. Nanti ketemu.
Alokasikan waktu yang cukup untuk pemilihan produk. Saya sarankan, Anda sedia 8-12 jam untuk riset mendalam tentang penentuan produk sebelum mengambil keputusan. Dan 8-12 jam untuk melakukan validasi (pengkajian ulang supaya makin yakin).

Kalau masih bingung juga, boleh lho menghubungi NAS Research di: 0812-8415-9855 atau email: operation@ptnas.id untuk diskusi mengenai riset dan bagaimana mengevaluasi kebutuhan pasar.

*) artikel dikutip dari Santara Marketplace

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *