Strategi Manjur No. 1

Salah satu strategi bisnis yang manjur adalah dengan melakukan subsidi silang, supaya orang mau mencoba menggunakan produk kita. Jangan diberikan gratis, karena akan menciptakan persepsi bahwa produk Anda adalah murahan. Cara paling sederhana untuk mengerti strategi ini adalah melihat foto di atas.

Ini pengalaman pribadi, tahun lalu saya membeli printer ini seharga Rp. 365,000,- yang kemudian baru saya tahu harga tintanya sepasang adl Rp. 349,000,- Printer tentu hanya beli 1x, namun tinta pasti beli berkali-kali. Nah tinta inilah yang marginnya super gede, mungkin 500-1000%. 😁😁

Atau kalau Anda langganan TV berbayar, First Media misalnya, sering ada tuh paket setahun diskon 50%, tapi berlaku tahun pertama saja, tahun berikutnya harganya kembali ke harga List Price. Anda mau putus langganan? Tapi sudah nyaman.. Akhirnya Anda putuskan untuk melanjutkan bukan?
Karena toh promonya juga dikunci khusus utk pelanggan baru. Jadi biarpun Anda mencoba menggunakan strategi putus kontrak dulu, untuk kemudian berlangganan lagi, menjadi tidak bisa karena Nama dan Alamat Anda sudah terdaftar di sistem First Media.

Ingin diskusi lebih lanjut? Ayuukk.. Ayuukk..

Oleh:
Arief Lestadi, NAS Consulting & Research

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *