Tiga Perbedaan Bos dan Pemimpin

 

Apa kamu pernah kena marah yang begitu hebat dari atasan sampai membuatmu malu?

 

Perlu dibedakan antara orang yang memegang jabatan sebagai atasan, dan mereka yang memang seorang pemimpin.
Pada kenyataannya tidak semua orang yang menjabat posisi tinggi dalam sebuah perusahaan adalah benar-benar seorang pemimpin.

Kita sering melihat atau mendengar istilah Boss atau Pemimpin? ! Kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda. Berbedanya sejauh apa? Yuk, kita simak ragam perbedaannya di bawah ini:

Bos Memerintah, Pemimpin Memandu.

Memang secara umum tugasnya atasan memberikan perintah, namun tidak semua anak buah bisa langsung memahami perintah tersebut bukan?!

Pemimpin tidak sekedar memberikan instruksi, namun juga memandu serta memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan. Malah terkadang pemimpin yang baik, akan juga turun ikut berkontribusi jika dibutuhkan dan memberikan contoh secara langsung kepada anggota tim.

Di sisi lain, sosok bos cenderung hanya lebih kepada memberi perintah tanpa mempedulikan apakah anggota tim menyanggupinya atau tidak.

Bos Berbicara, Pemimpin Mendengarkan.

Perhatikan apa yang terjadi pada saat rapat. Seberapa sering atasanmu berucap dan seberapa juga waktu yang dia luangkan untuk mendengar pendapat dari anggota tim lain. Jika porsi waktu berbicara atasanmu mendominasi rapat, bahkan anggota tim tidak diberi waktu untuk mengungkapkan pendapat, atasanmu berlaku seperti bos.

Di sisi lain, Pemimpin akan mendorong seluruh anggota tim untuk beropini & sharing apabila ada kendala di lapangan, dengan demikian pemimpin pun dapat tu rut membantu memikirkan solusi bagi kendala tersebut.

Bos Fokus ke Hasil, Pemimpin Fokus di Proses.

Ya, sosok seorang bos akan lebih mementingkan hasil. Orientasi penilaian anggota tim cenderung memilih yang dapat diukur dengan angka.

Di sisi lain, pemimpin bukan tidak memperdulikan hasil, namun pemimpin juga melihat proses yang dijalani tim dalam mencapai tujuan.

Hal ini terkait juga dengan pembagian tugas yang merata, perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan ke depannya serta mementingkan pengembangan dan pertumbuhan kualitas dari anggota timnya.

 

Selain tiga perbedaan ini, masih banyak lagi yang membedakan bos dan pemimpin tentunya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai kepemimpinan dan mengembangkan dirimu sebagai pemimpin masa depan, ada baiknya kamu pun mempelajari skill yang berhubungan dengan leadership.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *